Komputer Adalah...?

PENGERTIAN KOMPUTER.

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang didesain sedemikian rupa untuk mengolah informasi. Kata komputer sendiri merupakan turunan dari istilah Latin yaitu ‘computare’, yang berarti adalah menghitung atau sebuah mesin yang dapat diprogram.
Dengan kata lain, komputer adalah sebuah alat yang dapat memproses informasi. Sekarang anda sudah mengerti apa itu komputer, dan sedikit pengertian komputer.
Komputer berfungsi untuk menampung sebuah data atau informasi, kemudian data tersebut disimpan, diolah sedemikian rupa, kemudian hasilnya dikeluarkan saat diperlukan. Semua proses ini mempunyai nama yang umum digunakan dalam dunia komputer. Berikut adalah penjelasannya secara singkat.

Input adalah informasi yang masuk ke dalam sebuah komputer melalui input devices (alat yang memasukan data). Contoh input devices yang paling dasar adalah mouse dan keyboard.
Microphone juga merupakan sebuah input devices. “Hah? Masa mouse dan keyboard itu termasuk ke input devices? Kan mouse ngga ngasih informasi apa-apa?”
Saat anda klik kanan atau kiri, ini berarti anda memberikan perintah pada komputer. Komputer menerima perintah tersebut sebagai data. Sehingga mouse dan keyboard termasuk input devices.

Memory / Storage adalah tempat penyimpanan dalam komputer. Untuk storage sendiri dilakukan pada sebuah hard drives. Sedangkan memory dilakukan pada RAM (Random Access Memory).
Proses pengolahan informasi pada komputer
Banyak orang yang bingung tentang perbedaan antara memory hard disk dengan memory RAM. Keduanya sama-sama memory namun apa bedanya? Intinya perbedaannya ada di fungsinya. Perbedaan ini akan saya jelaskan nanti pada pembahasan tentang perangkat keras.

Processing adalah tempat segala informasi atau data diproses. Yang melakukan kegiatan ini adalah processor atau Central Processing Unit yang berbentuk microchip.
CPU mempunyai tugas terberat karena merupakan otak dari sebuah prosesor. Jadi, jangan kaget jika processor pada komputer anda panas.

Output adalah tempat data atau informasi ditampilkan atau disajikan setelah data atau informasi tersebut diproses. Sebuah komputer pasti dilengkapi oleh monitor sebagai output devices (alat yang mengeluarkan data/informasi).
Jika anda memiliki speaker pada komputer anda, maka speaker juga termasuk output devices, begitu juga dengan earphone.
Sekarang anda sudah lebih ngerti dong dasar-dasar pengertian komputer? Bahwa pada dasarnya sebuah komputer adalah tentang input, memory/storage, processing, dan output.


Fungsi Komputer




Komputer sebagai media belajar
Komputer masa kini memiliki fungsi yang beragam dan semakin kompleks. Setiap orang yang ditanyai fungsi komputer tentu memiliki jawaban yang berbeda. Ada yang menggunakan komputer sebagai media untuk berkomunikasi, ada yang memakainya untuk memudahkan pekerjaannya, ada yang memakainya untuk belajar, untuk kegiatan bisnis, dan juga sebagai sarana hiburan contohnya untuk bermain game. Namun sebenarnya komputer memiliki 4 fungsi utama, yaitu :

1. Input

Fungsi pertama adalah input, yaitu menerima data atau informasi dari sumber luar. Contoh paling mudah dari fungsi ini adalah informasi dari ketikan keyboard atau klik mouse. Komputer juga bisa mendapatkan informasi dari peralatan lain atau komputer lain.


2. Processing

Fungsi utama dari komputer adalah melakukan pemrosesan. Yang diproses adalah berbagai macam data dan informasi yang diberikan oleh perangkat input. Kemudian data yang tersimpan dalam memori internal akan diproses untuk menghasilkan informasi baru yang nantinya akan dikirim ke perangkat output.


3. Output

Setelah diproses, informasi yang dihasilkan akan menjalankan fungsi output. Hasilnya akan tersedia untuk digunakan oleh p engguna atau perangkat lainnya. Contoh dari perangkat output adalah monitor komputer, printer dan speaker. Perangkat tersebut yang menyajikan output dari komputer untuk dimanfaatkan oleh pengguna atau perangkat lain.


4. Storage

Fungsi komputer yang terakhir adalah sebagai tempat untuk menyimpan informasi. Penyimpanan yang dilakukan berbeda-beda tergantung bagaimana informasinya akan digunakan. Ada yang disimpan dalam memori utama komputer, ada juga yang disimpan dalam memori tambahan. Informasi yang disimpan juga bisa dibedakan menjadi data pengguna dan data instruksi. Data instruksi inilah yang biasanya dikenal dengan sebutan program atau software komputer.

0 comments