DESAIN INTERFACE (RPL)

Desain interface akan berfokus pada 3 area, yaitu :
1. Desain interface antara modul-modul perangkat lunak.
2. Desain interface antara perangkat lunak dan produser dan konsumen informasi bukan manusia            lainnya.
3. Desain interface antara seseorang manusia (user) dan komputer.


Desain Interface pemakai internal dan eksternal

1. Desain interface internal disebut juga desain interface intermodul.
2. Desain interface ini dikendalikan oleh data yang harus mengalir diantara modul-modul dan
    karakteristik bahasa pemrograman di mana perangkat lunak akan diimplementasikan.
3. Desain interface eksternal dimulai dari entitas eksternal yang dipresentasikan pada DFD model   
    analisis.
4. Desain Interface eksternal maupun internal dirangkai dengan validasi data dan algoritma
    penanganan kesalahan dalam sebuah modul.


Desain interface manusia - mesin

    Diawali dengan pembuatan model-model fungsi sistem yang berbeda-beda (sebagaimana   
    dirasakan  dari luar). Setelah itu digambarkan tugas yang berorientasi pada manusia dan komputer
    yang dibutuhkan untuk mencapai fungsi sistem.


Model- model desain interface

1. Model desain dari keseluruhan sistem menggabungkan data, arsitektur, interface dan representasi 
    perangkat lunak.
2. Model pemakai menggambarkan profil para pemakai akhir dari sistem.
3. Persepsi sistem  merupakan citra yang ada dikepala seorang pemakai akhir(client).
4. Citra sistem merangkai manifestasi bagian luar sistem berbasis komputer(tampilan luar dan “rasa” 
    interface).


Hubungan model-model desain interface


0 comments